teman

Kejutan Unik


 

”Buat lo, Nop” ujar teman saya sambil menyodorkan sebuah foto laki-laki berkacamata kepada saya. Teringat memori masa SMU dan saya cuma tertawa. Dasar iseng…

 

***

 

Banyak hal istimewa tak terhitung yang terjadi antara saya dan teman-teman saya. Banyak hal yang membuat saya menjadi orang yang berarti. Diperhatikan, diberi begitu banyak kejutan, disayang dan banyak lagi.

 

Tapi, banyak hal yang kadang terlewat dari pandangan mata hati saya. Maksud-maksud tersembunyi yang ketika saya ingat kembali membuat diri saya tersadar. Begitu uniknya mereka hadir di hadapan saya. penuh kejutan, penuh dengan kesenangan.

 

 

Salah satu kejutan unik dari dua teman SMU saya. Hari itu mereka datang ke rumah saya setelah pulang kondangan mantan teman sekelas mereka yang menikah. Saat kelas 3, saya tidak sekelas dengan mereka. Maksud mereka bukan hanya mampir, tapi menyerahkan sebuah foto laki-laki yang pernah saya taksir cukup lama sewaktu SMU. Terang-terangan saya tolak foto itu. Bukan bermaksud jaim, tapi apa gunanya. Saya sudah tidak suka laki-laki itu dan buat apa menyimpan fotonya.

 

Setelah mereka pulang saya baru berpikir. Mereka baik sekali dengan ”cara” yang unik. Bayangkan saja, foto itu diambil saat kondangan dengan ponsel kamera adik teman saya, kemudian hari itu juga, foto itu dicetak. Lalu, mengantarkan ke rumah saya yang jaraknya tidak dekat dengan tempat kondangan. Bener-bener niat, deh. Begitulah pengakuan mereka di kemudian hari. Mereka memang sengaja memberi kejutan untuk saya.

 

Mereka tahu, bagaimana naksirnya saya pada laki-laki itu semasa SMU, tapi mereka juga tahu kalau saya sudah lama gak naksir laki-laki itu. Rasanya ingin tertawa mengingatnya, bagaimana mimik wajah mereka ketika mau menyerahkan foto tersebut kepada saya. Serasa mau memberi kejutan dan saya dengan terang-terangan menolaknya. Saya telah mengecewakan mereka dengan gaya saya. Kenapa saya ga terima saja ya dan simpan entah di mana, hehehe. Kemudian, menjadikan momentum itu untuk mengingat masa SMU yang entah sudah berapa tahun yang lalu..😉

 

Saya jadi ingat pertemanan kami semasa SMU. Delapan orang wanita hanya satu kelas pas kelas 1, tapi mampu bertahan tetap kontak hingga kuliah. Kapan ya saya juga bisa memberi kejutan unik itu kepada mereka.

 

Saya jadi ingat bagaimana salah satu teman dekat saya menangis ketika saya terang-terangan ”lupa” dengan hari ulang tahunnya. Sebenarnya, saya tidak lupa, saya mengucapkah ”selamat” kepada dia hanya sekadarnya saja, tidak ada yang spesial. Itu pun saya ucapkan sekalian dengan keperluan saya. Sepertinya dia kesal dan mengadukan kepada teman saya yang lain hingga akhirnya saya tahu.  Saya sadar, saya sangat tidak peka. Menurut saya saat itu, tanggal itu bukan hal yang penting, tapi saya akan memberikan hadiah untuknya. Tapi, siapa yang disangka, ketika saya yang berulang tahun dengan mudahnya dia bertanya, ”Mau apa lo, Nop?” sambil membacakan judul buku-buku yang diterbitkan penerbit, tempat dia bekerja. Kemudian, datanglah bingkisan berisi 2 buku hard cover yang saya mau dan kalau saya beli bisa membuat kantong saya robek.

 

Atau ada lagi teman saya yang menelepon saya berlama-lama hanya untuk menanyakan bagaimana keadaan saya dan mendengarkan cerita-cerita saya. Semenjak bekerja kami hanya sesekali kontak. Itu pun via sms dan telepon. Sms kata-kata indah yang saya kirimkan ke dia, akan terbalas lebih indah lagi.

 

Belum lagi, begitu seringnya saya merepotkan ketika saya ”hilang” di suatu tempat dan minta ditemukan, bertanya angkutan apa yang mesti saya naiki untuk mencapai suatu tempat, bersabar menunggu kedatangan saya yang rumahnya entah di penjuru mana, ditunggui di terminal hingga dapat bus, sampai menyediakan tempat menginap bagi saya yang beberapa kali kemalaman.

 

Mengingat-ingat kembali kejutan-kejutan unik yang teman-teman berikan kepada saya sering membuat saya tersenyum dan tertawa sendiri dan menjadi obat ketika emosi saya kurang stabil dan sedang tidak bersemangat. Terimakasih teman-temanku…

Tinggalkan Balasan

