berpikir · menulis

Menulis Mengobati Saya

Saya tak pernah bisa meninggalkan aktivitas ini walau tak ada fasilitas bernama komputer atau laptop.

Saya sadar benar kalau saya tak bisa tidak untuk menulis. Batin yang rasanya menderita, hati yang sakit bisa terobati dengan menulis dan terus menulis. Obat yang mungkin tidak langsung mengobati rasa sakit, sendi-sendi yang pegal ataupun luka yang terus meneteskan darah, tapi menulis memberi efek obat yang perlahan, tapi pasti.

Menulis membuat beban di pundak berkurang sedikit. Menulis mengajak saya untuk berpikir. Menulis membangkitkan nurani saya untuk sadar, kalau tak ada gunanya lagi saya harus kecewa.

Huah.. berulang kali saya membayangkan diri saya yang tengah sakit hati memikirkan orang yang telah mengecewakan diri saya. Berulang kali saya menangis dan menangis menyesalkan sikapnya yang tak saya mengerti. Saya lelah… karena tak jua lagi mendapat jawaban. Hingga akhinya saya menulis. Mengurai benang permasalahan yang ada. Mengingat apa saja yang membuat saya menangis, sakit sekaligus marah…

Membaca kembali perenungan saya, membaca ulang diari saya… hingga akhirnya saya temukan jawaban pada puisi, esai, tulisan-tulisan saya yang lain.

Menulis bisa menjadi obat untuk masa kini dan masa datang. Menulis mengajak saya untuk terus berpikir, menganalisis keadaan, memacu adrenalin saya, mengingat berbagai memori yang terekam di otak saya, baik yang senang, bahagia, sedih, berkesan, memalukan dan banyak hal…

Menulis mengobati saya.

Walau dalam tiap tulisan tidak seluruhnya menggambarkan permasalahan saya, paling tidak saya tahu history kenapa saya bisa menulis seperti itu, saya mengerti mengapa saya harus menulis, saya sadar tulisan itu akan berguna satu saat nanti.

Saya ingin terus menulis… untuk saya dan semoga berguna untuk semua.

 

*12.57 AM, 18 oktober 2007

 

Tinggalkan Balasan

