Tak Berkategori

Malaikat-Malaikat Kecil

Bubur yang baru kubeli langsung aku makan. Ngebut. Waktu sudah menunjukkan pukul setengah lima kurang dan ini saatnya aku mengajar TPA di masjid dekat rumah. Salah satu pengajar tak bisa datang hari ini.

Ketika sampai masjid, kuperhatikan sandal-sandal, tak ada. Aku naiki satu demi
satu anak tangga. Tak terlihat anak-anak menungguku seperti biasa. Aaah, aku
ingat, aku pernah menanti mereka, menatap balkon masjid dari bawah dan tak
menemukan siapapun. Sibuk meng-SMS pengajar lain, apa ada yang datang hari itu? Yah, hujan cukup deras hari itu menyisakan gerimis. Mungkin karena itu mereka tak bisa hadir saat itu.

Semoga hari ini mereka datang…

Sudah dua hari aku izin tak mengajar. Aku menginap di rumah kakak di Pondok
Gede. Sempat mendapat kabar ada tiga murid baru. Aku gelar tikar dan menata
meja-meja. Biasanya, yang datang itu 5 – 7 anak. Awalnya banyak, entah kenapa
makin menyusut.

Tak berapa lama, satu demi satu hadir dengan wajah lugunya. Tiga orang murid
baru itu pun juga datang. Entah rumahnya di mana? Entah dapat info dari mana
mereka ada di sini. Salah satu dari mereka adalah anak dari tetangga baruku yang pernah aku harapkan mengaji TPA. AlhamdulillahšŸ™‚

Hari ini, lagi-lagi murid-murid TPA yang lugu, lucu dan ramai membuatku
tersenyum, tertawa dan Alhamdulillah, kali ini tanpa harus marah-marahšŸ˜€. 100% anak-anak mengaji dan membaca Iqro’, termasuk Halid walau hanya 2 baris. Paling tidak, dia tidak mengeja semua huruf menjadi “sho” dan menuruti saudaranya untuk membaca dengan benar. Walau pikiran dan mata sempat teralihkan dengan teman-temannya yang bermain.

Inilah salah satu mimpiku. Meneruskan cita-cita dan perjuanga bapak, walau masih terbilang belum apa-apa. Masih kurang optimal, masih banyak yang harus dibenahi.

Tapi, tunggu dulu…
Walau tersendat, kini aku merasakan anak-anak itu telah menjadi bagian dari
hidupku. Candanya, tawanya, mogok ngajinya, kesel-keselnya… dan menjelma
menjadi malaikat-malaikat kecil…

seribu cerita tentang mereka… untuk seribu semangat untuk terus bermimpišŸ™‚

SEMANGAT

Tinggalkan Balasan

