Tak Berkategori

Tujuan Hidup dan Konsep Diri

Ada dua hal yang saya garisbawahi ketika menonton perbincangan Financial planner dan pertemuan dengan teman-teman.

Pertama, tentang tujuan hidup.
Dari semua klien narasumber, yang berpenghasilan 2 juta hingga 450 juta, semua merasa kekurangan… kenapa?
karena ga ada tujuan yang jelas, uang yang dipergunakan untuk apa?
Ada jumlah minimal persentase orang untuk punya cicilan. Jangan sampai penghasilan habis karena menyicil ini dan itu…
Hmm, karena sekarang bertanggung jawab pada sebagian keuangan rumah, mau ga mau aku jadi mikir-mikir. Jangan-jangan selama ini, aku kebanyakan nyicil, halah.. ga, sih… Hanya saja cicilan dari dulu kok ga abis-abis. Ya iyalah, dari dulu kan emang beli apa2 senengnya nyicil😀.

Itu aja baru bertanggung jawab sebagian ya… karena sebagian masih diasup ibu, gimana ntar…
Mikir kayak anak kost, ya ga bisa… secara yang diurus itu 1 rumah bukan 1 kamar😀

Sekarang jadi punya pengeluaran pasti. Alhamdulillah udah dianggarkan… dan mulai membatasi diri untuk membeli barang2 keinginan😀.

Nah, sekarang jadi mikir, tujuan dari keuangan itu untuk apa… Hmm… misalnya mau pergi haji, aamiin😀, nabungnya berapa?😀 atau mau punya perpustakaan pribadi. Hmm, yah intinya kudu ada tujuannya, deh penggunaan uang itu…
*mikir2😀

tujuan hidup…
Seringnya mikir… let it flow, biarkan mengalir, atau apalah…
padahal tetep kudu ada perencanaan.. Mulai berasa banget ketika lulus kuliah, mau jadi apa dan bagaimana. Walau memang tetep sih banyak hal yang ga terduga…

===
Yang kedua konsep diri.
Sebenarnya dapat materi ini ga bareng, sih
Ini materi masih anget-angetnya…
Diawali dari penelitian tentang ketidakberhasilan orang2 jenius yang masuk kuliah ntuh dari beasiswa, nah giliran udah lulus kok malah justru orang-orang yang biasa aja lebih menonjol daripada yang pinter bangets…
Hmm, banyak perdebatan mengenai alasan kenapa bisa begini, kenapa bisa begitu. halah
Hmm, mikirnya udah biasa aja kali, toh banyak contoh di lingkungan sekitar… Bagaimana orang mengukur tingkat keberhasilan secara duniawi.
Hmm, kalo udah gitu aku ingat jaman smu dulu… yang keren yang dapat UMPTN😀 (sekarang: SPMB)
hehehe… dan ternyata ga menjamin yang kuliah di negeri itu sukses di kemudian hari..
Kenapa eh kenapa?
karena bisa aja ga punya konsep diri. Yup, manusia emang berproses dari ngerti sampai ga ngerti, eh kebalik.. Cuma intinya, ga bisa dijadikan pelarian menganggap diri belum ngerti atau ga mau ngerti… *muter-muter

Hmm, kesentil juga, sih jadinya…😀
konsep diri… hmmm, kepercayaan diri, tujuan hidup, mau jadi apa, dll…

One thought on “Tujuan Hidup dan Konsep Diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s