Tak Berkategori

Kita Pasti Pernah

Aku jadi ingat sebuah tulisan di sini yang ditulis oleh temanku sebagai tausiyah. Tausiyah indah yang menyadarkanku untuk belajar dari kecewa dan mengecewakan.

Bagaimana pun tidak semua orang tulus kepada kita…
atau apakah kita mampu selalu tulus kepada mereka?

Kita semua, aku, kamu, dia, mereka, siapapun itu tak mungkin bisa menghindari kontak dengan siapapun. Tidak mungkin rasanya kita tidak punya masalah dengan orang lain. Tidak mungkin rasanya kita tak pernah berbuat salah. Tidak mungkin juga kita tidak pernah kecewa akan sikap orang lain ataupun orang terdekat kita.

Semua orang berharap baik. Semua ingin berjalan lancar. Semua tak ingin kecewa. Akan tetapi, kita semua lupa bahwa dari hal yang sulit, tak lancar, dan tidak menyenangkan itu ada banyak pelajaran dan hikmah.

Hari ini, mungkin kita kecewa dengan sikap sahabat kita. Banyak dari kita memilih untuk merutuki, marah, atau diam. Besok, mungkin saja kita yang berada dalam posisi seperti sahabat kita pada orang yang sama atau orang lain. Semuanya bagaikan roda, ada kalanya kita di atas dan ada kalanya kita di bawah.

Mungkin yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir konflik itu. Yah, hanya itu… Mengingat status seorang teman di FB,

“Aku tak berharap jadi orang baik… tidak membuat masalah buat orang lain, cukup bagiku…

Lalu, bagaimana seharusnya kita bersikap. Toh, kita akan selalu menjadi makhluk sosial. Tidak mungkin karena menghindari konflik kita tidak menjadi makhluk sosial. Ya ya ya sekali lagi, masalah itu mendewasakan. Sekali lagi akan banyak hikmah. Sekali lagi kita memang harus belajar meminta maaf dan memaafkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s