Tak Berkategori

Tidak Hanya Semangat dan Optimis

Setiap kita biasanya bersemangat memulai sesuatu yang baru. Setiap kita punya rasa optimisme karena meyakini apa yang akan kita jalani itu akan berjalan sesuai apa yang kita inginkan.

Banyak orang bersemangat, banyak juga yang optimis….
dan kita pun menjadi bagian dari mereka….

Tapi, apakah kita mampu konsisten menjalaninya. Istiqomah pada jalur yang sama? Karena pada hakikatnya hidup selalu berjalan, berubah, tak kenal henti 1 detik pun. Akan ada banyak kejadian. Akan ada banyak pertimbangan. Akan ada banyak godaan. Akan ada banyak yang berjatuhan…

Mungkin karena perasaan jenuh, bosan, lelah, atau memang orientasi yang jelas-jelas berubah. Mungkin juga ada ketakutan. Ketakutan finansial, ketakutan akan banyak hal…. atau bisa saja karena ketakutan akan sesuatu yang sebenarnya lebih sepele dari rasa takut itu.

Yah, kita semua pernah di sana.
Pernah menapaki sebuah jalan dengan semangat… beramai-ramai, kemudian meneriakkan sebuah keoptimisan. Kita pernah bersama bergandengan tangan demi tercapainya ukhuwah yang indah. Kita punya kesamaan. Semangat, optimisme, dan keinginan yang terbaik buat semua.

Lalu, sebagian dari mereka hanya menjadikan kenangan. Sebagian lain, yang biasanya jumlahnya sedikit, hanya bisa berharap kembali bersama. Mencoba untuk tetap konsisten pada sesuatu yang diyakini membawa keoptimisan. Bukan berarti tidak jenuh… tapi batre terus diisi hingga masih sanggup menjalaninya. Batre mencintai dan rasa memiliki…

Kata orang, hidup ini seleksi alam. Hal biasa ketika menemukan orang-orang yang sedikit di dalam sebuah komunitas, organisasi, perkumpulan atau apapun. Hal biasa ketika orang-orang itu bersibuk ria dengan kesolidan mereka. Mereka mafhum kalau ada banyak orang dengan kesibukan mungkin lupa, mungkin tergoda, mungkin pindah jalur, mungkin lelah, sibuk dan banyak lagi.

Jadi, buat apa kecewa…

Aku bermuhasabah atas diriku dengan apa yang aku jalani selama ini.
Berorganisasi, menjalankan sebuah pendidikan, baik yang utama ataupun tambahan. Menjadi saksi ketika tinggal sedikit atau bahkan menjadi saksi ketika aku adalah bagian yang ‘berjatuhan’….

Yah, lagi-lagi tak hanya sekadar semangat
tak hanya sekadar optimis…
ada banyak cinta di sana…
ada banyak keyakinan untuk tetap di jalan atau jalur yang sama…
ada rasa memiliki…
dan konsisten…

* all friends @Ummu Salamah, mungkin kadang kita ber-3, ber-4… moga kita bisa tetap istiqomah… moga kita mampu bertahan hingga setahun nanti… aamiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s