Tak Berkategori

Seleksi

Pernahkah di suatu hari, kamu menemukan sebuah tulisan lama untuk seorang sahabat yang tak terbalas. Saat itu hingga saat ini, tanpa alasan dia ‘pergi’. Tak ada lagi cerita, mungkin sudah tak perlu. Tak ada lagi tawa, mungkin tak berguna. Tak ada lagi berbagi, mungkin karena semua sudah berbeda.

Aku ingin memikirkannya sebagai ‘aku’ yang egois. Dia pergi begitu saja karena dia lupa kalau aku adalah manusia yang punya perasaan. Aku bukan sepah yang begitu saja bisa dibuang. Aku juga bukan sisa sirih yang dilepeh seorang nenek yang nyirih. Aku kecewa.

Seolah semua cerita masa-masa dulu hilang tanpa bekas. Seolah aku adalah makhluk paling bersalah bagi dirinya. Entah seberapa banyak lagi prasangka yang hadir. Entah sudah berapa tetes air mata jatuh. Entah berapa macam kegeraman itu muncul.

Aku ingin memikirkannya dengan objektif. Bahwa dia manusia. Dia berhak berubah dan tak perlu menceritakan perubahannya pada semua orang. Dia manusia yang penuh khilaf sama dengan diriku. Kalau dia mau tertawa, menangis, bahagia, dan berbagi bersama kita, itu dulu… dan bukan saat ini. Mungkin saja aku pernah membuat kesalahan yang tak terlupakan atau tak termaafkan. Yah, aku akan minta maaf walau aku tak tahu apa. Mungkin saja dia sedang menyeleksi dan aku bukanlah bagian dari teman-teman yang terseleksi masuk dalam kehidupannya. Jadi, seharusnya aku memahami itu.

Hingga suatu hari, ada seorang sahabat bertanya. Kenapa si A dan B, juga si C begini? Ow, ketika mendengar hal itu, aku terdiam sesaat. Berarti bukan hanya aku yang merasakannya. A, B, dan juga C memang menjauhi tak hanya aku. Entah apa pun alasannya, paling tidak aku mulai tahu, tak hanya aku. Lega? Entahlah, hanya saja aku jadi tak perlu merasa macam-macam.

Kemudian, aku berpikir, semoga saja aku tak seperti itu. Kedekatan bukan hanya dinilai dari kuantitas, tapi juga kualitas. Semoga aku mampu menjaga pertemanan dan persahabatan dengan mereka walau aku tak selalu menyapa, walau aku tak selalu memberi sesuatu. Semoga saja….

Tinggalkan Balasan

