MP 4 Palestine · Palestina · relawan

Sharing Bareng tentang Palestina ^_^


Alhamdulillah, kami kembali diberi kesempatan berbagi tentang Palestina dengan adik-adik usia SD-SMP. Kali ini kami sharing bareng dengan adik-adik yatim piatu binaan Majlis Ta’lim Al-Falah dan adik-adik di lingkungan sekitar masjid.

Alhamdulillah lagi, banyak donasi masuk yang dipakai untuk membuat bingkisan, hadiah, dan lain-lain. Sebagian besar untuk adik-adik yatim dan sebagian lagi untuk adik-adik lingkungan sekitar.

Hmm, kalau mau membandingkan, acara kemarin lebih seru dari tahun lalu. Suasananya, kompaknya, anak-anaknya, responsnya, dan lain-lain. Aku pribadi ngerasa seneng aja🙂

Sebagai PJ acara, Nina dan aku, udah merencanakan beberapa hal terkait acara ini. Kami akan sharing tentang Palestina secara umum, kenapa kita harus membela Palestina, siapa mereka, perjuangan anak-anak Palestina, prestasi anak-anak Palestina, dan lain-lain. Oh ya, terinspirasi dari sebuah buku yang berisi surat-surat anak Palestina, kami pun ingin mengajak mereka membaca surat itu dan kemudian membalasnya. Selain itu, tentunya ada games tim biar kompak dan bisa saling mengenal.

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 pagi oleh panitia majlis ta’lim setempat, dimulai dengan tilawah dan saritilawah dari anak-anak di lingkungan sekitar. Kemudian, pembacaan Asmaul Husna juga dari para remaja lingkungan sekitar, selanjutnya aku lupa antara ceramah dari Pak Ustadz atau penyerahan santunan secara simbolis. Yang jelas, bagian kami itu sekitar pukul setengah 11 siang. 

Sempat berbincang-bincang, kira-kira apa yang akan kami dahulukan… apa sharingdulu, apa main games dulu, atau apa ya😀 Akhirnya, diputuskan main gamesduluuuu…. 

*Games membuat menara
Games ini juga yang kami mainkan saat milad MPID beberapa waktu lalu, hehe… Bedanya, kali ini di ujung menara harus diletakkan 2 bendera berbeda, yaitu bendera Indonesia dan bendera Palestina. Nah gimana caranya, tuh? Secara kan kalau diletakkan bendera di gelas bisa miring-miring dan oleng gitu. Dibantu kakak-kakak relawan, Ka Ai, Ka Rianna, Ka Desi, Ka Arum, kami pun bermain.
Hasilnya? Ada kok yang menaranya tinggi, walau bukan paling tinggi, tapi bisa mendirikan bendera dengan baik… 
Walau aku sempet ketar-ketir juga, apa bisa ini bendera berdiri, tapi ga jatuh-jatuh (hehe, ketahuan deh kalau belum dicoba, uuuups)😀

*Sharing tentang Palestina dan anak-anak Palestina
Aku bercerita kondisi Palestina secara umum. Keadaan Palestina saat ini, hubungan dengan Indonesia, soal Masjidil Aqsa, dan lain-lain. Aku mencoba bersikap interaktif dengan mereka, sambil menayangkan gambar-gambar peta Palestina, kompleks Masjidil Aqsa, dan lain-lain. Mereka terlihat antusias dan manggut-manggut mengerti. Efeknya berasa pas akhirnya mereka nulis surat… yah ada surat yang isinya kira-kira, kalau harus membantu Palestina karena Palestina sudah banyak membantu Indonesia, dll🙂
Nina bercerita tentang anak-anak Palestina. Anak-anak yang begitu tangguh, bersemangat, kuat, di bawah tekanan penjajahan yang nggak main-main. Anak-anak yang menghafal Qur’an, berprestasi di sekolah, dan bahkan juga pekerja keras yang menjajakan barang jualannya, memberikan tenaganya untuk menyambung hidup. Subhanallah…. Selain itu, diceritakan juga kalau anak-anak Palestina berhasil memecahkan rekor dunia menerbangkan 13.000 layang-layang dan rekor-rekor dunia lainnya. :) 
Subhanallah, di tengah tekanan yang luar bisa, mereka bisa seperti itu. Hmm, speechless rasanya. 

*Membaca surat dari anak-anak Palestina dan menulis surat untuk anak-anak Palestina ^_^
Aku meng-copy tiga surat dari anak Palestina berasal dari buku yang berjudul Surat Sahabat dari Palestina, Masihkah Ada Harapan Buat Kami? 

Tiga surat ini insya Allah mewakili beberapa hal yang ingin kami sampaikan. Kami meminta perwakilannya untuk membacakan surat-surat tersebut, dan kemudian menulis surat kembali dan boleh juga dalam bentuk balasan surat kepada anak Palestina yang mereka baca.  
Ada beragam surat yang polos dan indah, beberapa juga sudah diposting Ai di sini.Beberapa aku tweet di akunku @novikhansa dan beberapa akan diposting Rianna. Mereka punya cara tersendiri menyampaikan perasaan mereka. Ada yang mungkin bingung, jadi isinya. “Saya mendukung kalian,saya membantu kalian,saya bangga pada kalian, saya senang pada kalian.”
Tapi, karena anak kecil yang nulis, kok rasanya beda, ya🙂
Ada juga yang seperti ini, “Cita-citaku seorang penghafal Alquran. Arman merasa senang di Indonesia.Arman d sini bs sekolah.” 
Mungkin nggak sih dia nulis ini karena melihat keadan anak-anak Palestina yang di bawah tekanan, tapi punya cita-cita sebagai penghafal Al-Qur’an, ingin menjaga Masjidil Aqsa…
Ada juga yang menulis seperti ini,
Hmm, masih banyak surat-surat indah lain dari mereka yang bikin kami terharu. 
Menulis surat memang bisa menjadi sarana tersendiri buat kita untuk mengetahui apa sih yang ada dalam perasaan dan pikiran mereka. Hampir setiap event semacam Pesantren Kilat, aku meminta anak-anak untuk menulis surat. Nggak gampang memang, tapi kemudian kelihatan, deh yang senang nulis dan isinya itu lucu dan bikin terharu🙂

Karena waktu hampir habis, kami pun urung bermain games yang terakhir, hehe. Jadinya, sisa hadiah pun dibagikan kepada mereka yang belum mendapatkan hadiah sama sekali :) 

Selanjutnya, acara bagi-bagi bingkisan dan salam-salaman… Abis itu, eits, belum waktunya pulang😀 karena masih ada acara lanjutan. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan kuis dari Pak Ustadz. Pertanyaan Pak Ustadz berasal dari sharing kami tadi, lho. Wah nggak menyangka, Pak Ustadz benar-benar menyimak apa yang kami sampaikan. Oh, ya. FYI, selain anak-anak, di dalam masjid juga ada kaum ibu dan kaum bapak, lho… 

Pak Ustadz memberi pertanyaan seputar 3 masjid yang diberkahi, terkait prestasi anak-anak Palestina, apa yang anak Palestina lakukan untuk menyambung hidup, dan lain sebagainya. Sesi kuis ini cukup seru dan menghibur, hehe. Namanya anak-anak, ada-ada aja tingkah lucunya.🙂


Alhamdulillah, acara selesai dengan cukup menyenangkan🙂
Semoga apa yang kami bagi hari itu bisa bermanfaat buat semua, tentunya juga bermanfaat bagi kami🙂

Semangaaaaaat ^_^
Ayo Ka Ai, Ka Riana, Ka Arum, Ka Desi, dan Ka Nina, juga sharing acara kemarin ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s