belajar · berpikir · hikmah

Ketika di Sana

Di manakah tempat yang kamu sukai?
Ketika itu kamu akan terus kembali…
ke sana

Walau harus berkali-kali menempuh jarak
walau harus berkompromi dengan waktu

Ketika di sana,
kamu akan merasakan kebahagiaan
ketenangan
juga kebersamaan

====

Aku mulai menikmati masa-masa kuliah ini. Sudah dua tahun aku menjalaninya diselingi berbagai aktivitas dan pekerjaan.

Ini bukan kuliah pertama bagiku. Ini sudah kesekian kali. Bisa dibilang, tempat ini adalah salah satu ‘pelarian’ bagiku setelah setiap hari disibukkan dengan berbagai hal.

Aku bisa berada di kelas mana saja. Bisa lanjut terus seperti saat kuliah ini, tapi bisa jeda sesaat karena ada yang harus dikerjakan. Tapi, aku tetap di sini dan kembali. Mungkin terasa aneh dan lucu. Tapi, begitulah. Ada kerinduan yang berbeda ketika liburan-liburan mulai hadir dan aku tak bisa duduk di kelas-kelas; di dalam dan di pelataran masjid; di dekat gerobak siomay dan sate padang; atau di warung makan yang letaknya di depan dan samping gang kampus.

Duduk di kelas, mendengarkan ceramah dosen, presentasi, ujian, dan bersilaturahim adalah keseharian. Tidak ingin monoton, aku berusaha menjalani tanpa beban. Tidak gampang, tapi ingin terus berusaha.

Di sini, aku bertemu dengan para bunda yang memiliki semangat luar biasa. Bahkan, aku bersua dengan bocah kecil yang menemani sang bunda. Para bunda yang tak lagi muda. Usia 50 tahun lebih, jarak yang cukup jauh dilintasi, membuatku malu ketika mulai kelelahan dan urung mengikuti kuliah.

Semangat para dosen, kebaikan dan pengertian mereka, lagi-lagi menyadarkanku, aku harus bisa lebih baik lagi.

Aku bukan anak rajin, aku hampir selalu telat. Aku juga beberapa kali tidak masuk karena urus ini-itu, tapi aku akan kembali ke sini, meraih kembali apa yang ingin aku raih. Aku percaya ini tak sia-sia. Ada banyak asa, cita, dan cinta.

Cinta kan membawamu kembali di sini
menuai rindu
membasuh perih

Bawa serta dirimu
dirimu yang dulu
mencintaiku apa adanya….

*masih dalam rangka memotivasi diri*

One thought on “Ketika di Sana

  1. Assalamu’alaikum.. salam kenal mba novi ^^
    saya suka bc tulisan2 mba, rasany seperti membc curhatan sndiri,hehe
    sy skrng jg sdng blajar bhs arab d almanar, dan berencana untuk berkuliah d stida, sama seperti mba, sy pun jatuh cinta dg almanar, walau jauh, saling mendoakan y mba..semangaaatt!^_^

Tinggalkan Balasan

