belajar · berpikir · hikmah

Sebelum Memutuskan untuk Kuliah (lagi)

Tulisan ini hanya sharing dari penulis berdasarkan pengalaman dan pengamatan, silakan dikritisi ^_^ dan tulisan ini ditujukan bagi kamu yang sudah pernah kuliah dan ingin kuliah lagi… atau kamu yang sedang bekerja dan ingin kuliah lagi ^_^

Memang mencari ilmu bisa di mana saja. Kuliah di sebuah institusi adalah salah satunya. Yang menjadi beda, dengan kuliah, ilmu yang diambil dan waktu tempuh lebih teratur, tapi tentunya juga ada perjuangan dan pengorbanan yang harus kamu lakukan. ^_^

—————————

Sebelum kamu memutuskan untuk kuliah lagi, coba deh pertimbangkan matang-matang.
1. Untuk apa kamu kuliah?

Apa untuk karier? Agar gaji naik?
Dulu, ketika aku bekerja memang ada perbedaan gaji antara lulusan D3 dan S1, tapi nggak terlalu jauh. Nggak tahu juga kalau di perusahaan lain atau kamu sebagai PNS. Kalau untuk itu, coba pikirkan kira-kira kamu mau ambil apa, sih… dan kalau bisa tujuannya jangan murni itu, agar juga tetap dapat ilmu.

Haus ilmu, rindu bangku kuliah
Tak bisa dipungkiri, salah satu masa paling indah adalah saat kuliah. Kuliah itu nggak hanya duduk di kelas, ya, tapi mengikuti berbagai kegiatan, main ke perpustakaan, dan tentunya bergaul dengan banyak orang.
Kalau kamu haus ilmu, pikirkan ilmu apa yang ingin kamu pelajari dan relevansinya dengan karier dan kehidupan kamu. Jadi, nggak asal memiliki titel mahasiswa dan jadi keren, hehe.

Di kampusku yang sekarang bagian kelas malam, banyak karyawan kantor. Mereka haus akan ilmu agama makanya mereka rela ke kampus 4 kali/pekan sepulang kantor.

Mengisi kekosongan
Merasa kegiatan bekerja tak cukup membuatmu sibuk dan kamu memilih kuliah lagi. Wow, boleh aja, tapi pikirkanlah waktu-waktu yang terpakai dari hari-harimu nggak hanya waktu kuliah, tapi waktu mengerjakan tugas dan segala hal lainnya.

Atau bisa juga kamu itu sedang menunggu panggilan kerja. Nah kalau yang ini kudu dipikirkan matang-matang. Ketika akhirnya, panggilan itu datang, apa kamu bisa dengan mudah ninggalin kuliah… apa nggak sayang?

Masa penantian
Daripada tidak diisi dengan sesuatu yang bermanfaat, kenapa nggak kuliah lagi. Ada sebagian akhwat yang berpikiran seperti itu. Mengisi waktu “penantian” dengan hal bermanfaat dan salah satunya kuliah.
Kalau gini nanti pertanyaannya adalah, ketika akhirnya sang pangeran datang, apa kamu akan berhenti kuliah?

Temanku pernah cerita, kemungkinan akan menikah dengan seseorang di luar kota, dia bilang toh ntar dia akan ninggalin kampus. Aku sempat kaget dengan pernyataannya. Lho, terus kuliahnya.

Memang sih dia nggak cari gelar di kampus ini, apa lagi dia juga sudah S1 di tempat lain, tapi apa semudah itu meninggalkan sesuatu yang sudah dibangun bertahun-tahun dengan pengorbanan yang nggak sedikit? Namanya sudut pandang dan pemikiran, tiap manusia pasti berbeda-beda. Kalau bisa dilakukan seiring sejalan kenapa nggak?  Dan hal itu menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Kalau masih bisa dikompromikan, kenapa nggak?


2. Kuliah itu capek, lho
Sebelum kamu berpikir kuliah (lagi) dalam kondisi bekerja, kuliah itu pastinya ada:
– tugas, makalah, paper, praktik sana-sini, dan pastinya skripsi.
– ujian, dari mulai kuis, UTS dan UAS.
Belum lagi, saat-saat itu, kerjaan kamu menumpuk dan ada deadline. Boro-boro belajar, boro-boro ngerjain kuliah, rasanya masuk kuliah cuma sekali-kali, menghilang dari kampus sampai akhirnya tersadarkan kalau kamu itu masih berstatus sebagai mahasiswa.

Pikirkan deh untuk soal itu semua. Serius. Aku pribadi juga sering bentrok sama urusan itu, hehe. Alhamdulillah, masih bisa diatasi. Beberapa waktu lalu, sih aku sengaja mengambil tugas di saat aku agak free. Insya Allah, aku tetap berusaha ngerjain tugas dan ikut ujian walau beberapa kali pernah ujian susulan, dan asli nggak enak ~_~

Pada akhirnya, secara pribadi, aku merasa bersyukur diberi kesempatan kuliah untuk ketiga kalinya di tengah berbagai hal yang harus aku atasi. Dan aku menjadikan kuliah ini adalah salah satu pilihan dan skala prioritas buatku saat ini. Bismillah. Insya Allah, selalu ada jalan ^_^

Bagaimana dengan kamu?

So, pikirkan dan pertimbangkan, ya ^_^
Yuk, kuliah ^_^

*Tulisan ini bisa dimaknai macam-macam ^_^ Nakut-nakutin atau ngompor-ngomporin.
Yang pasti, aku hanya ingin membagi kepada teman-teman yang membaca, bahwa menuntut ilmu dengan jalan kuliah adalah sesuatu yang menyenangkan, tapi juga memerlukan pengorbanan dan perjuangan. ^_^

One thought on “Sebelum Memutuskan untuk Kuliah (lagi)

  1. Subhanallah, suwun tulisannya sepertinya harus sy tetapkan untuk kuliah tahun ini dari pd waktu sabtu/minggu trbuang sia2..bismillah mohon doanya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s