berpikir

Seperti Itulah…

Kupandangi sekitarku. Banyak orang yang tengah membereskan barang-barang dagangan karena sudah makin sore. Para lelaki memanggul kardus-kardus, orang-orang lalu lalang, hiruk pikuk berbagai kendaraan membuat macet sesaat.

Akhirnya, aku ada di sini setelah membeli barang-barang untuk persiapan goodie bag untuk perlombaan anak-anak tgl 4 Desember nanti.

Di mana?
Pasar pagi bersama kakak perempuanku dan temannya.
Aku sudah sampai mobil duluan bersama temannya. Tak lama, kakakku tergopoh-gopoh membawa kantong-kantong goodie bag dan lain-lain.

Lagi…
Yah, lagi-lagi kawan, aku merepotkan kakakku seperti sebelum-sebelumnya. Tidak hanya dia, kepada abangku, juga kakak-kakak iparku. Terutama, ibuku.

Mereka bisa dibilang selalu mendukung apa pun kegiatan yang aku ikuti. Mereka toleran ketika aku lebih memilih kuliah lagi atau bekerja di rumah.

Mungkin inilah ‘kemanjaan’ yang mereka berikan kepadaku. Tak hanya mendukung, tapi ikut sibuk membantu hingga hal terkecil sekalipun.

Seperti ketika aku rikues meminjam mobilnya ke Jogja untuk pengiriman buku, seperti ketika kakak perempuanku begadang membungkus goodie bag hingga begadang, sementara aku terlelap duluan. Seperti ketika aku meminjam berbagai barang dagangan untuk bazar, dan masih banyak lagi…

Belum lagi ketika akhirnya ada masa-masa aku sakit. Entah karena padatnya kegiatan-kegiatan yang kujalani. Entah karena seekor nyamuk beberapa tahun lalu. Panik, semua panik. Mencari rumah sakit ke mana-mana. Berhari-hari ibu menemaniku di rumah sakit. Hampir sebulan kalau ditotal aku bed rest ketika itu.

seperti itulah aku…

Selalu merepotkan mereka… dalam banyak hal.

Entah kapan aku bisa wujudkan keinginan mereka….
Kapan?

Ibu,
sepertinya perkataanmu baru saja menyadarkanku untuk lebih memilah keadaan demi keadaan…

Sebesar apa pun cinta yang kumiliki atas apa saja yang aku lakukan…

— hmm, kapan, ya aku bisa buat mereka bahagia tanpa merepotkan? —

Tinggalkan Balasan

