Tak Berkategori

Pudar

Nyaris sudah 3 tahun
Kala itu, masih berwarna cerah
Huruf-huruf masih jelas terbaca..

Yah hampir 3 tahun lalu..
ketika aku dengar sebuah kabar…

Kabar yang aku dan kamu
sama-sama membuat tanya
Kabar yang aku dan kamu
merasa tak kuasa, tak rela…

Aku menangis dan bertanya,
dan kamu hanya diam…
menuai harapku dan harapmu
semoga sampai pada tujuan yang sama…

Lalu, yang kudapati cuma kosong…
Janjimu hanya letupan angin
ketika aku menepuk sebuah plastik
yang sebelumnya kautiupkan…

Lalu, yang kudapati hanya kemarahan, ketakutan akan sebuah harapan yang cuma jadi tangisan…

Lalu, yang kudapati, hanya manusia pengecut…
Manusia yang marah, diam, dan tak mau berbuat…
Lalu yang kudapati adalah kata pasrah…
menunggu yang lain bertindak, sementara kamu cuma bisa meratap…

Lirih, berujar,
“Aku sengsara,”
“Aku merana,”
tapi kau mendiamkan kemeranaan itu hingga kau puas merana…

Apa itu yang kauinginkan kawan?
Mungkin karena kau tak tahu apa yang kauinginkan…
Kau cuma bisa marah dan merana…

Aku terdiam, pilu
muak dengan kemarahan dan kemeranaanmu…
mengikuti kebodohanmu

Hingga aku pun sama bodohnya…
sampai tanda-tanda itu datang, kawan
sampai rasanya ingin kulayangkan bogem mentah ke wajahmu…

Dia, yang kemudian mengadu tanpa kupinta.
Dia, yang bercerita keluh kesah akan kamu…
Dia, yang tak ingin kautemui…
Dia yang kemudian kujadikan alasan untuk sebuah ‘cerita’ tentang kamu…

Setahun berlalu
Pudar sedikit demi sedikit…
sama dengan keadaanku padamu

dan aku pun mampu tertawa denganmu.
Tak lagi ingin melayangkan tinju kepadamu…

Hingga kabar lain,
Beriringan dengan sebuah paket…
Paket terlambat kukatakan
Atau paket tebusan darimu.

Diakah tahu akan kabarmu?
Aku tak kuasa melayangkan kepadanya…
Itu adalah urusan kamu
Walau aku tahu…
Walau aku tahu
Dan sebenarnya tak ingin tahu…

Dan sekarang,
Kutatap, huruf itu menghilang satu-satu
Pudar..

Sama halnya dengan kamu yang juga hilang
Hilang ditelan angin atau keadaan?
Hilang setelah berbagai kejadian
Hilang seperti teori-teori yang dulu kautawarkan

— *untuk seorang kawan yang pudar- eh menghilang *—

Tinggalkan Balasan

